Wacana Captain Jack's Coffee Shop CAAIP Cibubur by Janno 29

Iklan Semua Halaman

Wacana Captain Jack's Coffee Shop CAAIP Cibubur by Janno 29

02 April 2016
Dear senior dan teman2 semua ,
Pembentukan wadah berkumpul CAAIP Cibubur sebenarnya dimaksudkan sebagai wadah bertukar pengalaman , sharing bisnis , berbagi ilmu yg kesemuanya memerlukan tempat berkumpul.

Selama ini acara tersebut diadakan di tempat komersial ataupun rumah teman2 di cibubur. Dalam organinsasi yang bersifat Sosial , kehidupan organisasi biasanya disokong oleh iuran2 anggota. Baik CAAIP, Chapter ataupun ikatan angkatan .

Semua melakukan hal yang sama. Ini dimaksudkan apabila dibutuhkan biaya untuk : membantu anggota yg kemalangan , sakit , bersuka cita dll maka dipakailah uang iuran tersebut.

Karena keinginan besar teman2 di Cibubur untuk memiliki tempat kumpul yg representative , maka diadakan lah ide pembuatan cafe tersebut.

Dalam merancang sebuah business , perlu dipahami tidak ada garansi pasti mendapatkan profit . Selalu ada resiko gagal yang wajar dalam sebuah bussiness dimanapun. Analisa SWOT sudah memberikan  indikasi bahwa usaha patungan ini akan mendatangkan keuntungan pada hitungan diatas kertasnya.

Dengan estimasi modal sebesar 300 jt ( sewa 150+peralatan150) , dibuatlah perencanaan yg dipaparkan semalam . Kalau didukung oleh semua dan LUCK is on our side , usaha ini mungkin bisa mendatangkan profit sekitar 12 juta clean..setelah dipotong biaya Capex dan Opex nya .

Jika seorang anggota ingin menarik keuntungan tersebut perbulan nya maka dia sebenarnya ber hak atas hasil 5jt/300 jt × 12.000.000 atau setara dengan rp.200.000/ bulan .

Maka dalam setahun bisa me dapatkan rp.2.400.000 . Cuma Sedikit ya ? Silahkan hitung berapa persen dalam setahun nya dibanding modal individu yg disetor.

Tapi jika anggota sepakat menggunakan itu untuk mengembangkan petensi berikutnya maka pelajaran dan pengalaman sdh didapat. kemaslahatan untuk orang banyak ;
- wadah positif berkumpul antar alumni
- menggali potensi anggota, yg bisa bikin kue , masak , bikin merchandise
- tempat penjualan merchandise CAAIP yg mendatangkan profit 
 - tempat meeting gratis anggota 
 - presentasi produk
- Tempat arisan - dll

FAQ ;
1. Apakah saya penyedia dana akan mengambil saham besar disini ? - tidak , saya hanya membantu pendanaan dan mengajari cara membuka tempat berkumpul yg nyaman .
Uang yg ditanamkan akan dikembalikan oleh cafe sampai batas maksimal seseorang boleh ikut iuran.

2. Lho koq bisa , untung nya buat Penyedia dana apa ??
Capt Jack Coffee tidak merupakan bisnis utama saya , ini sekedar penyaluran tempat kumpul. menciptakan lapangan pekerjaan buat org yg bekerja sudah merupakan achievement buat kita semua.
Apalagi jika mendatangkan profit.

3. Kalau usaha rugi siapa yg mengganti uang Penyedia dana dipinjamkan ? Nggak usah diganti , namanya usaha, bisa saja terjadi.

Tapi we are not too blind to see. Lalu bagaimana dgn uang anggota kalau rugi ? yg pasti hanya dari Tuhan datang nya..dan..kita hanya berusaha sebaik2 nya . 
Kalau semua mendukung maka STRENGTH nya jauh lebih banyak ketimbang WEAKNESS nya .

4. Kalau usaha lancar what next ? Silahkan bikin yg ke 2...itu batas maksimal yg bisa saya berikan , selebihnya Franchise.

Atau bisa dialihkan untuk usaha lain disamping nya ; kursus bhs inggris, kursus ngaji, salon, tailor , soto ayam , atau apapun terserah anggota.

Untuk yang masih curious silahkan japri ketua Frizky atau boleh ke saya untuk menjelaskan soal ini . 
 Jika anggota bertanya apa untung nya buat anggota ?

Sebaiknya disadari juga bahwa resiko dan untung ditanggung sama2.....
Sedikit lagi tambahan , lalu kalau ada yg masih bingung , apa untung nya buat saya ?

Jelas ada...dengan bertambahnya pengguna nama Captain Jack Coffee..maka itu akan attract pemilik mall untuk invite kita joint ke dalam tempat mereka.

Kalau anggota Cibubur beruntung dan bisa dapet undangan spt itu , maka silahkan mengakui seluruh captain jack adalah milik CGM baik itu capt jack balikpapan,grand wisata, semarang dan Mall Of Indonesia (suspended karena kerusuhan  ormas) ...begitu juga sebaliknya dengan founder nama itu sendiri , kita berharap bisa belajar dari Starbucks,Excelso dll....mereka punya modal , kita punya strategy.

Itu yg dinamakan together we are strong....owner boleh berbeda , rejeki juga beda , tapi tujuan nya jelas.....


Ps: jangan lupa setiap jumat kasih meal box ke panti asuhan kalau sdh jalan.
Sumber : Janno 29